-->

Pengenalan CodeBlocks : Pengertian dan Cara Menggunakan

Definisi dan Fungsi CodeBlocks IDE

Masrana.com - Integrated Development Environtment (IDE) adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berdasarkan bahasa pemrograman tertentu. IDE biasanya terdiri dari Graphical User Interface builder, text atau code editor, compiler atau interpreter, serta debugger.

Melalui bantuan compiler, program yang ditulis dalam bahasa pemrograman (seperti C/C++) diterjemahkan menjadi kode mesin sehingga bisa dijalankan oleh komputer. Sebelum merilis program yang dibuat, diperlukan proses debugging, yaitu melacak lokasi kesalahan (bug) pada program kemudian memperbaikinya. Alat untuk melakukan debugging dinamakan debugger. Dengan debugger memungkinkan programmer untuk menghentikan program yang sedang running di titik-titik tertentu (breakpoint).

Contoh IDE untuk bahasa pemrograman C/C++ adalah CodeBlocks, Dev C++, Borland C++, Visual Studio, dan sebagainya. IDE yang akan digunakan pada artikel ini adalah CodeBlocks versi 16.01.  IDE ini bersifat open source dan tidak memerlukan lisensi berbayar.

Pembuatan File Program C Dengan Membuat Project :

1. Jalankan program CodeBlocks.
2. Klik menu File -> New -> Project.
3. Pilih “Console Application” dan Klik tombol “Go”.
Pengertian CodeBlocks
4. Klik “Next”.
Pengertian CodeBlocks
5. Pilih “C”, kemudian klik “Next”.
Pengertian CodeBlocks
6. Isi kolom :
Project Title -> nama project.
Folder to create project in -> lokasi penyimpanan project.
Project Filename -> nama project.
Resulting filename -> path project.
Kemudian klik “Next”.
Pengertian CodeBlocks
7. Pilih compiler yang akan digunakan (Pada artikel ini menggunakan GNU GCC Compiler). Checklist “Create Debug Configuration” dan “Create Release Configuration”. Kemudian klik “Finish”.