Kegiatan Belajar 6 : Memahami Kelas Maya Edmodo

Memahami Kelas Maya Edmodo

Edmodo merupakan salah satu dari beberapa jenis Social Learning Networks (SLNs) yang beredar di dunia world wide web.

Berikut beberapa contoh dari SLNs :
  • 1Einztein (www.einztein.com) merupakan SLNs yang ditujukan bagi pembelajar dewasa (pendidikan tinggi) dan pembelajar seumur hidup.
  • Sophia (www.sophia.org) merupakan SLNs yang menyediakan ribuan tutorial akademik yang diajarkan oleh guru dengan berbagai model instruksional, dan dapat diikuti oleh pembelajar dengan berbagai model belajar.
  • Remix Learning (www.remixlearning.com) yang juga didukung oleh The Bill & Melinda Gates Foundation menyediakan sebuah SLNs yang dapat diatur sesuai selera oleh sekolah, perpustakaan, museum, dan institusi lainnya yang membutuhkan.
  • Schoology (www.schoology.com) merupakan LMS yang dilengkapi dengan SLNs.
Edmodo merupakan salah satu media untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. edmodo menggabungkan sebagian fitur dari Learning Management System (LMS) dan sebagian fitur dari Jejaring Sosial (Social Network), menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dan mudah untuk digunakan yang kemudian lebih dikenal dengan Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Networks).

Edmodo diciptakan oleh Jeff O’Hara dan Nic Borg pada tahun 2008. Jeff O’Hara adalah seorang administrator jaringan bagi Community Unit School District 200 di Wheator, Illnois, sedangkan Nic adalah pengembang web bagi Kaneland Community Unit School District 302 di Maple Park, Illnois, USA. Ide pengembangan edmodo berasal dari kepopuleran Facebook, yang ditambah dengan sebuah fitur untuk menjamin keamanan interaksi dan kolaborasi antara siswa dan guru. Oleh karena semakin besarnya kebutuhan akan sebuah media pembelajaran daring, edmodo kemudian berkembang menjadi salah satu media atau platform dalam pendidikan dasar dan menengah (K1-K12) yang digunakan oleh lebih dari 29 juta pengguna di dunia (https://www.edmodo.com/about, 22 November 2013).

Edmodo Framework

Edmodo dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan kelas berbasis kelompok dan media sosial. Fitur utama dari Edmodo adalah dukungan aktif terhadap model komunikasi dari media sosial daring, yang ditambahi dengan fitur bahan ajar daring (online learning material), dan evaluasi daring (online evaluation).

Beberapa fitur utama edmodo yang dapat digunakan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut :
  • Kelas maya dengan sistem Closed group collaboration, dimana hanya yang memiliki kode grup yang dapat mengikuti kelas.
  • Komunikasi dengan model media sosial.
  • Manajemen konten pembelajaran.
  • Evaluasi pembelajaran.
Selain fitur utama di atas, edmodo juga mendukung team teaching, co-teacher, dan teacher collaboration dan akses bagi orang tua siswa untuk memantau kegiatan pembelajaran yang diikuti anak mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close