-->

Kegiatan Belajar 4 : Berbagi Pakai File Daring

Menggunakan Layanan Cloud

Masrana.com - Google Drive memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah sebagai tempat untuk mem-back-up data. Fungsi lainnya adalah pengguna dapat sharing (membagikan) file yang telah di-unggah sebelumnya. Berikut adalah tampilan awal dari Google Drive yang di dalamnya terdapat banyak menu yang akan dijelaskan.

A. Menu Create

Berguna untuk membuat file atau folder secara online tanpa menggunakan software aplikasi seperti Microsoft Office atau aplikasi lainnya. Terdapat pilihan jenis data yang dapat Anda buat, misalnya seperti folder, documents, presentation, Spreadsheet, Form, Drawing.

B. Menu Upload

Menu upload digunakan untuk mengunggah file atau folder yang telah di simpan sebelumnya pada perangkat PC (Personal Computer).  Untuk menggunakan Google Drive, langkah yang harus dilakukan adalah :

Klik menu Upload. Jika tujuan pengguna mengunggah sebuah file, pilih submenu files. Jika tujuan pengguna mengunggah semua file dalam suatu folder, pilih submenu folder. Setelahnya akan muncul window baru sebagai berikut.
Setelah memilih file atau folder yang ingin Anda upload, pilih tombol Open.
Maka akan berlangsung proses pengunggahan file atau folder.
Setelah file diunggah, maka file Anda sudah tersimpan dalam Google Drive. Jika ingin membagikan file maka klik Share.
Lalu muncul tampilan berisi link alamat file.
Pengguna juga dapat mengatur hak akses terhadap file dengan memilih pengaturan sesuai keinginan ketika memilih submenu Change.
Setelah memilih jenis hak akses yang diberikan pada file tersebut, pilih Save. Lalu terakhir pilih Done pada bagian paling bawah tampilan dan file yang telah berhasil dibagikan.


Baca Juga : Kegiatan Belajar 6 : Memahami Kelas Maya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel