-->

Kegiatan Belajar 36 : Memformat dan Membaca Buku Digital

Memformat dan Membaca Buku Digital

Masrana.com - Pada proses penyusunan buku digital yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memahami bahwa pembaca buku digital perlu diberikan kebebasan untuk mengakses isi dari buku sesuai dengan apa yang dicari. Dalam hal ini tidak jarang buku digital dibaca secara tidak runut. Oleh sebab itu penting halnya dalam menyiapkan materi untuk mengasumsikan bahwa bagian dari isi buku itu dapat berdiri sendiri atau bersifat modular. Sifat ini yang meminimalisir ketergantungan antara bab yang satu dengan yang lain. Penyusunan buku yang bersifat modular dapat menyesuaikan dengan jenis buku yang ditulis.

Pertimbangan lainnya dalam penyiapan materi adalah menyiapkan target perangkat yang akan digunakan oleh pembaca. Hal ini sangat penting mengingat pembaca yang menggunakan feature phone tidak dapat menampilkan ePub yang menyertakan video maupun audio karena keterbatasan perangkat. Beberapa pembaca juga belum tentu menginginkan tambahan video atau audio pada buku digital mereka. Sehingga dianjurkan pada proses penyiapan materi, untuk menyiapkan materi untuk minimal dua versi dari buku digital, yaitu buku digital yang menyertakan multimedia (audio dan video) dan buku digital yang hanya menyertakan teks dan gambar saja.

Proses secara umum dimulai dengan menyusun buku digital untuk versi yang sederhana kemudian dilanjutkan dengan proses menambahkan/menyertakan file-file yang bersifat multimedia ke dalam buku digital. Dalam tahap penyusunan ini terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan sebagai berikut :
  • Penyusunan daftar isi. Penyusunan daftar isi untuk menyediakan kerangka dari buku yang akan ditulis, serta bahan-bahan apa saja yang terdapat pada masing-masing bagian dari buku.
  • Menyusun dan memilah bahan. Menyusun dan memilah bahan buku digital seperti tabel, gambar, audio dan video.

Konversi Format File

Sebelum dirubah menjadi HTML, pastikan dokumen tersebut telah disiapkan sesuai bab B.1 di atas. Pastikan gambar sudah dalam format in line with text, tabel sudah dirubah presentasi lebarnya, dan semua smart object dirubah menjadi bentuk gambar.Setelah semua itu dilakukan, simpan dokumen menjadi html dengan cara File -> Save as-> Web Page, filtered.
Pastikan yang dipilih adalah tipe web page filtered. Web page akan menghasilkan output .html yang memiliki sintaks yang tidak biasa digunakan pada halaman web.

Menambahkan Sampul (cover) Buku Digital

Cover image merupakan halaman sampul dari buku digital kita, halaman sampul biasanya ditampilan di tampilan utama software pembaca buku digital bersama informasi lainnya, seperti judul dan pengarang.
Memformat dan Membaca Buku Digital
Untuk membuat cover image, anda perlu menyiapkan sebuah file gambar yang akan digunakan sebagai halaman sampul. Jika gambar yang ingin digunakan sebagai sampul sudah terdapat di dalam dokumen HTML, anda dapat menunjuknya sebagai halaman sampul dengan cara :

1. Images -> pilih gambar -> klik kanan ->Addsemantics >CoverImage

Memformat dan Membaca Buku Digital
Atau jika gambar belum tersedia, Anda dapat menambahkan file gambar tersebut dengan cara: Klik kanan images ->addexistingfiles -> pilih gambar. Gambar yang dipilih akanditambahkan ke dalam folder images, dan sudah dapat digunakan sebagai cover image dengan cara di atas.

2. Tools >> Add Cover >>

Memformat dan Membaca Buku Digital
>> Pada tampilan add cover pilih other files seperti gambar dibawah ini.
Memformat dan Membaca Buku Digital
Yang terakhir pilih gambar yang anda tentukan sebagai sampul pada jendela pop up add existing files kemudin pilih open seperti gambar dibawah ini.
Memformat dan Membaca Buku Digital

Halaman Kolofon

Kolofon adalah catatan penulis, umumnya pada akhir naskah atau terbitan, berisi keterangan mengenai tempat, waktu, dan penyalin naskah. Kolofon pada buku digital sama dengan meta data.

Meta data merupakan sebuah informasi yang mendeskripsikan sebuah file. Pada epub, meta data berfungsi seperti identitas pada sebuah buku: judul, nama pengarang, tahun penerbitan, bahasa, ISBN, penerbit, kategori, deskripsi, dll. Untuk masuk ke jendela meta data, dari sigil -> Tools -> Metadata editor, atau tekan tombol F8. Setelah itu silahkan masukkan judul (Title), pengarang (author), serta untuk menambahkan properti lainnya seperti penerbit, tahun terbit, dll silahkan tekan tombol add basic, dan kemudian rubah value-nya.
Memformat dan Membaca Buku Digital
Tampilan Meta data Editor


Baiklah mungkin sekian penjelasan mengenai Memformat dan Membaca Buku Digital. Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan tulis di kolom komentar dan silahkan bookmarks artikel ini untuk dapat dibuka kembali dengan cepat saat ingin membaca kembali. Selamat belajar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel