-->

Kegiatan Belajar 2 : Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous

1. Pengertian Komunikasi Daring ASynchronous

Komunikasi Online tidak langsung atau asynchronous adalah mediasi komputer dan layanan daring dalam terlaksananya komunikasi yang dilakukan secara tunda, dengan menggunakan media seperti e-mail, forum, dan membaca dan menulis dokumen online melalui World Wide Web.

Email singkatan dari elektronik mail yang artinya surat elektronik, terdapat tiga jenis layanan email, yaitu POP Mail, email jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP. Kelebihannya adalah kemampuannya untuk dibaca secara Offline ( tidak connect ke internet ). Sedangkan kekurangannya adalah tidak bisa mengecek email dari sembarang tempat. Web based email, email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, Bolehmail, Lovemail, dan lain-lain, Kelebihannya adalah bisa mengecek email dari mana saja dan browser apa saja. Dan kekurangannya adalah untuk mengecek email, harus selalu terhubung ke internet. Email forwarding, email ini akan merasa manfaatnya bagi yang belum menemukan layanan email yang cocok.

Kelebihannya adalah bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya. Sedangkan kekurangannya adalah sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai.

E-mail dapat dibagi dua, yaitu E-mail Gratis dan E-mail Prabayar
  • E-mail Gratis adalah Kegiatan surat menyurat melalui jaringan internet tanpa mengeluarkan biaya dalam pengirimannya, surat elektronik pada umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Contoh E-mail Gratis adalah : Yahoo! , Gmail ,atau mail plasa.
  • E-mail Prabayar adalah kegiatan surat menyurat melalui jaringan internet yang di kenai biaya tambahan. Anda diwajibkan membayar sejumlah uang untuk berlangganan email dengan fitur yang tidak didapatkan pada email gratis. misalnya: yahoo!mail plus dengan fitur Message size 20MB, Filters 50, Spam Protection SpamGuard Plus, AddressGuard/Disposable addresses, No graphical ads, Offline, access with POP, Mail forwarding, No promotional taglines in messages, No account expiration.
Google merupakan sebuah perusahaan yang awalnya berkecimpung dalam pengembangan mesin pencari di internet.Pada perkembangannya Google telah merambah kedalam beberapa bidang, diantaranya :
  • Mesin pencari nomor satu di dunia  (www.google.com).
  • Layanan email terkemuka (www.gmail.com).
  • Halaman kustom Terkemuka (http://www.igoogle.com/).
  • Pembaca feed terkemuka (http://reader.google.com/).
  • Sistem manajemen feed terkemuka (http://www.feedburner.com/).
  • Produk analisis terkemuka (http://www.google.com/analytics/).
  • Jaringan iklan terdistribusi terbesar (http://www.adsense.com/).
  • Toolbar pemantauan trafik yang paling banyak didistribusikan (http://toolbar.google.com/).
  • Situs hosting  konten video terbesar (http://www.youtube.com).
  • Google mengumpulkan data dari jutaan account Google setiap hari.
  • layanan blog gratisan yang terkemuka (http://www.blogger.com).
  • Layanan social networking yang luas (http://www .myspace.com).
Selain menjadi perusahaan pencari paling populer Google juga mempunyai fasilitas email yang disebut Gmail, Gmail di kenalkan pada 1 April 2004 dalam versi Beta, dan dapat diakses oleh umum pada 7 Februari 2007, tetapi mulai melepaskan versi Beta dan dengan tambahan 10 Apps pada 7 Juli 2009. Kelebihan Gmail :
  • Hampir mirip dengan aplikasi desktop email seperti Microsoft Outlook (Windows), Apple Mail (Mac), dan Microsoft Entourage (Mac). GMail bisa menyortir email, memfilter email, kategorisasi email, dan menulis email. GMail hanya membutuhkan koneksi internet yang ringan dan stabil. Dial-up bisa, asalkan tidak tersendat-sendat.
  • Kapasitas Nyaris Tak Terbatas. Tiap tahunnya Gmail menambahkan kapasitas untuk inbox, karena itu gmail mempunyai kapasitas nyaris tak terbatas.
  • Fasilitas Search. Google mengaplikasikan kemampuan Google Search ke dalam GMail untuk mencari email tertentu dalam inbox Anda.
  • Terintegrasi dengan Aplikasi Google lainnya.Beberapa diantaranya adalah Google Docs and Spreadsheet dan Google Calendar. Ketika menerima email dengan attachment berupa file Word dan Excel, maka langsung dapat membacanya via Google Docs dan Spreadsheet. Ketika menerima undangan rapat, maka Anda dapat langsung menyimpan ke Google Calendar.
  • Chatting dengan Google Talk. Jika rekan Anda online dan juga menggunakan GMail, maka bisa Chat, kemudian melihat kembali hasil percakapan melalui log, dan mencari hasil percakapan menggunakan fasilitas search.
POP dan Forwarding. Google tidakhanya membuka fasilitas POP dan forwarding hanya kepada pengguna yang membayar. POP adalah fasilitas untuk mengunduh email dari GMail ke komputer pribadi sehingga dapat Anda baca secara offline. Forwarding adalah fasilitas suntuk mengirimkan email yang masuk ke GMail ke email lain secara otomatis dan juga dapat mengunduh email dari penyedia email lain yang menyediakan fasilitas POP.

2. Membuat dan Menggunakan Email 

Gmail merupakan fasilitas e-mail gratis buatanGoogleyang memberikan kuota penyimpanan file yang cukup besar yakni sekitar 6 GB (gigabyte) sehingga pengguna tidak perlu khawatir menghapus email lama.Gmail (Google Mail) mempunyai layanan yang dikatakan cukup baik.

Gmail itu sederhana, karena kesederhanaannya pengguna tidak perlu waktu lama untuk belajar dan terbiasa dengan Gmail. Selain itu Gmail punya Label dan Bintang. Karena meskipun sudah memberikan label tertentu, email masih bisadi lihat di inbox, atau bisa diarchive-kan. Pemberian tanda bintang juga membuat kita bisa mengingat mana email penting dan tidak terlalu penting.

Untuk lebih jelasnya tentang langkah demi langkah pembuatan akun Gmail dapat dilihat pada pembahasan berikut.
  • Bukalah browser lalu pada bagian address bar ketikkan “gmail.com” dan tekan tombol enter.
  • Kemudian setelah halaman gmail.com terbuka, klik tombol “buat akun.
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
  • Isilah semua kolom isian dengan biodata diri
    • Pada kolom isian “pilih nama pengguna ” isilah sesuai dengan keinginan. Dimana isian ini nantinya akan menjadi alamat e-mail dalam berkomunikasi dengan orang lain.
    • Pada kolom isian “buat sandi” ketikkan password yang ingin di gunakan dan pada kolom isian “konfirmasi sandi pengguna” ketikkan password yang sama dengan kolom isian sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pengguna tidak lupa ataupun salah ketik saat mengisi kolom isian sandi.
    • Pada bagian kode verifikasi ketikkan sesuai dengan kode yang tertera.
  • Klik tombol “Langkah berikutnya”. Selanjutnya akan tampilkan halaman sebagai berikut
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
  • Jika ingin langsung melewati bagian ini cukup dengan klik tombol “Langkah berikutnya”.Untuk menambahkan foto profil pada akun gmail yang telah di buat, klik tombol “Tambahkan Foto Profil”,kemudian halaman seperti berikut akan ditampilkan.
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
  • Klik tombol “pilih foto dari komputer pengguna” kemudian melalui window “browse”, pilih foto yang ingin dijadikan sebagai foto profil dari komputer pengguna. Namun jika ingin mengambil foto profil melalui webcam, dapat melakukannya dengan klik tombol “Kamera Web”.
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
  • Setelah halaman seperti gambar di atas ditampilkan, klik tombol “Tetapkan sebagai foto profil”.
  • Klik tombol “Langkah berikutnya” dan halaman seperti gambar yang terlihat di bawah ini akan ditampilkan.
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
  • Klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” dan halaman seperti gambar di bawah ini akan ditampilkan.
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
  • Setelah itu akan masuk ke halaman utama Gmail
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
  • Sampai pada tahap ini akun Gmail pengguna telah siap untuk digunakan. Untuk lebih mengenal Gmail, berikut dijelaskan beberapa cara dan keterangan dalam menggunakan menu pada gmail. Menu yang paling sering digunakan adalah Tulis, Kotak Masuk, Pesan Terkirim, Draf, Spam. Berikut paparanya :
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
Dari gambar dan paparan diatas, berikut akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan menu-menu tersebut. Dari mulai menu tulis, hingga mempelajari menu selengkapnya.

Mengirim surat dengan Email

Pilih menu Tulis
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
Keterangan kotak untuk menulis pesan :
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
Di dalam icon +  terdapat beberapa toolsyang diantaranya : 
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous

Membuka surat pada e-mail masuk 

Klik  menu kotak masuk maka akan seperti ini :
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
Adapun menu berbintang digunakan untuk memberi status khusus pada pesan agar mudah ditemukan. Untuk mengilaukan bintang sebuah pesan, klik pada gambar bintang redup di samping setiap pesan atau percakapan.
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
Adapun menu penting digunakan untuk melihat pesan yang ditandai sebagai pesan yang penting
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
Pesan yang ditandai dengan warna kuning merupakan ciri pesan penting yang ditandai oleh pengguna.

Melihat yang pesan terkirim

Klik tampilannya akan seperti berikut:menu pesan terkirim maka
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous

Draft

Adapun menu draft berisi pesan yang tersimpan tetapi belum dikirim. Tampilannya adalah seperti ini :
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous

Lingkaran

Adapun menu lingkaran berisi grup yang dimiliki di google+
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous

Selengkapnya

Adapun menu Selengkapnya berisi menu yang ada pada kotak hitam, yaitu sebagai berikut :
Penerapan Komunikasi Daring ASynchronous
Pesan,spam,sampah,kategori,kerjaan,resi,kelola label,dan buat label baru

Keterangan :
Obrolan, Semua Pesan, Spam, Sampah, Kategori, Kerjaan, Resi, Kelola Label, Buat Label Baru.

3. Tatakrama Komunikasi ASynchronous

Komunikasi merupakan kegiatan yang melibatkan beberapa orang, sehingga perlu diperhatikan tatacara serta tatakrama dalam pelaksanaannya. Terlebih lagi dalam pelaksanaan komunikasi daring, dimana kedua belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya salah paham.

Beberapa contoh tatakrama dalam menuliskan antara lain :
  • Gunakanlah bahasa yang sopan serta sesuai. Seperti halnya saat Anda akan mengirimkan surat ke penerima pesan Anda.
  • Tidak menggunakan huruf besar dalam pengiriman pesan. Dalam dunia elektronik, penulisan kalimat dengan huruf kapital berarti sama dengan berteriak.
  • Tidak menggunakan font yang beragam. Gunakanlah font standart, dengan ukuran yang standart. Kecuali benar-benar diperlukan.
  • Spesifik dalam penulisan subyek. Gunakanlah subyek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima email Anda.
  • Memperhatikan CC dan BCC email Anda. Sangatlah tidak dianjurkan untuk men-cc orang yang tidak ada hubungannya dalam konteks email.
  • Segera menanggapi pesan yang diterima. Balaslah terlebih dahulu jika Anda membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.
  • Tidak memforward pesan yang tidak penting. Tidak semua orang menyukai lelucon atau gambar yang Anda kirimkan.

Rangkuman

Komunikasi Sinkronus adalah mediasi komputer dan layanan daring dalam terlaksananya komunikasi yang dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi sinkronus: Email, Forum, Diskusi di web. Pelaksanaan komunikasi harus sesuai dengan tatakrama yang berlaku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel