-->

Mengetahui Definisi dan Fungsi Pointer Dalam PBO

Pointer dan Pendefinisiannya

Masrana.com - Pointer merupakan salah satu fitur penting yang hanya terdapat pada Bahasa C++ yang merupakan turunan dari Bahasa C. Pointer sangatlah powerfull dan membentuk bagian yang sangat besar dalam Bahasa C++. Pada beberapa kasus seperti untuk implementasi struktur data, pointer berguna untuk memprogram dengan baik dan memberikan kendali yang lebih besar bagi pembuat program untuk memanipulasi objek. Hal penting yang harus diingat bahwa Pointer adalah suatu variable yang mengandung alamat memori dari objek lain. Pendefinisan pointer dalam kode program adalah dengan menambahkan kode asterisk(*) di depan nama pointer, seperti contoh berikut :
Type specifier *nama pointer; atau class specifier* nama pointer;

Keterangan :
Type specifier : dapat berupa sembarang tipe data (seperti int, float, double, dll), atau nama Kelas.
Nama pointer : nama variabel pointer yang akan digunakan.
Tanda asterisk(*) : mengindikasikan ke compiler bahwa variable yang didefinisikan adalah pointer dan bukan variabel normal.

Contoh :
int *pint; // pint sebagai penunjuk ke int
char* pchr; // pchr sebagai pointer ke char
float *a,*b,*c; // a, b, c sebagai penunjuk untuk mengapung lebih dari 1 penunjuk
ITTP *ptr; // pointer ke kelas ITTP

Mengisi Variabel dan Mengakses Nilai Variabel Pointer

Suatu variabel pointer dapat menunjuk ke alamat memori variabel lain. Contohnya adalah sebagai berikut :
Dari hasil tersebut membuktikan bahwa suatu variabel pointer dapat menunjuk alamat memori dari suatu variabel. Selain itu, variabel pointer juga dapat digunakan untuk mengakses isi dari suatu variabel. Berikut contohnya :
Definisi dan Fungsi Pointer Dalam PBO
Dari kedua contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa operator pointer ada dua, yaitu :

Operator & (Operator Reference)
Operator Reference (&) yaitu mendeklarasikan suatu variabel didalam penggantian memori. Operator ini biasa disebut dengan “address of ”.

Operator * (Operator Dereference)
Operator dereference (*) yaitu dapat mengakses secara langsung sebuah nilai yang berada di dalam variabel yang memiliki pointer, hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan identifier asterisk (*). Operator ini biasa disebut dengan “value pointed by”.

Pointer Void

Pointer void yaitu pointer yang dapat menunjuk ke sembarang tipe data. Disimpulkan bahwa satu pointer dapat menunjuk ke tipe data integer, tipe data float, dan lain sebagainya. Berikut ini contoh dari pointer void :
Definisi dan Fungsi Pointer Dalam PBO

Pointer dan String

Pointer juga dapat menunjuk ke sebuah String. Contoh hubungan antara pointer dengan String adalah :
Definisi dan Fungsi Pointer Dalam PBO

Pointer dan Array

Pointer dan Array sejatinya hal yang hampir sama, karena sama-sama menunjuk pada suatu alamat. Karena hal tersebut maka pada pointer yang menunjuk ke array tidak menggunakan tambahan operator & di depan nama variabel array. Contoh program ditunjukkkan pada Gambar 5.
Definisi dan Fungsi Pointer Dalam PBO

Pointer Menunjuk Pointer

Pointer dapat menunjuk ke pointer lain. Hal tersebut ditandai dengan adanya dua tanda asterisk (**) sebelum nama variabel pointer. Contoh programnya ditunjukkan pada Gambar 6.
Definisi dan Fungsi Pointer Dalam PBO

Pointer dan Fungsi

Pointer dapat menjadi argument untuk dilewatkan (passing) ke suatu fungsi. Berikut adalah contoh penerapannya dalam program ditunjukkan pada Gambar 7.
Definisi dan Fungsi Pointer Dalam PBO

Pointer to objects

Pointer dapat menunjuk (point) ke objek sama seperti ke tipe data atau array. Pointer to objects digunakan ketika tidak diketahui seberapa banyak objek yang akan dibuat selama program tersebut berjalan. Contoh program ditunjukkan pada gambar 8.
Definisi dan Fungsi Pointer Dalam PBO
Dalam Program tersebut terdapat operator new dan delete. Operator new berfungsi meminta memori ke sistem operasi untuk pointer. Operator delete berfungsi untuk mengembalikan memori yang telah digunakan ke operating sistem. Pada program juga terdaapat destruktor yang bekerja ketika terdapat objek yang dihapus. Pada output program destruktor bekerja dua kali yaitu ketika operator delete bekerja dan ketika program berakhir.

Array of Pointer to objects

Salah satu konstruksi pemrograman yang umum adalah array pointer untuk objek. Pengaturan ini memberikan akses yang lebih mudah dan lebih fleksibel
Definisi dan Fungsi Pointer Dalam PBO
ke group objek dibanding membuat objek dalam array. Contoh program dari Array of Pointer to objects ditunjukkan pada gambar 9.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close