-->

Virus Corona (Covid-19) Pelajari Gejala, Penanganan dan Tindakan Yang Dilakukan

Virus Corona (Covid-19) Pelajari Gejala, Penanganan dan Tindakan Yang Dilakukan

Tindakan Dalam Kondisi Saat Ini

Jika Anda merasa berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit Covid-19 karena usia atau Anda memiliki riwayat penyakit yang serius, sangat penting bagi Anda untuk mengambil tindakan untuk mengurangi resiko terkena penyakit Covid-19.

1. Tetap di rumah jika memungkinkan.
2. Cuci tangan Anda sesering mungkin mengunakan Hand Sanitaizer.
3. Taati aturan Physical Distancing, dengan jaga jarak 1 meter.
4. Tutup mulut dan hidung Anda dengan masker jika berpotensi bertemu orang banyak.
5. Saat batuk tutup mulut.
6. Menjaga jarak dengan orang sakit atau kurang sehat
7. Persiapkan persediaan konsumsi dirumah.
8. Bersihkan lingkungan rumah dengan disinfektan (bisa 1 minggu sekali).
9. Hindari perjalanan jauh atau keluar kota jika bukan urusan penting.
10. Jika Anda mengalami gejala penyakit Covid-19 segera hubungi pihak berwajib atau medis untuk penanganan lebih lanjut.

Cara Mengatasi Stres

Khusus untuk orang tua dan orang dari segala usia yang memiliki riwayat penyakit yang serius memiliki risiko yang lebih besar terserang virus Covid-19. Terutama sekarang sedang di laksanakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan selalu berada dirumah (karantina). Kondisi dan situasi ini dapat menyebabkan peningkatan stres selama pandemi ini. Ketakutan dan kecemasan bisa sangat besar dan menyebabkan emosi yang kuat. Hal-hal yang dapat Anda lakuan untuk menghindari stres selama dirumah :

1. Kurangi menonton, membaca atau mendengarkan berita dari Tv atau media sosial tentang pandemic Covid-19 karena ini dapat membuat ketakutan yang menyebabkan stres.
2. Selama dirumah berusaha untuk tetap menjaga Kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan seimbang dan berolahraga yang teratur.
3. Selama dirumah jangan hanya untuk tiduran, luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda sukai.
4. Berbagi perasaan dan kekhawatiran dengan orang terdekat dan dipercaya untuk menenangkan diri.
5. Jika anda merasa stres yang tidak terhenti selama beberapa hari, cobalah untuk menghubungi layanan kesehatan untuk membantu mengurangi stres Anda.

Rencanakan Jika Anda sakit

Walaupun sedang dalam PSBB, berusahalah tetap berhubungan orang lain melalui pesan WhatsApp atau telepon, jika Anda sakit mungkin perlu meminta bantuan dari keluarga, saudara, tetangga dan petugas Kesehatan jika diperlukan.

1. Kenali gejala virus Covid-19, setidaknya yang paling mendasar seperti flu dan batuk-batuk.
2. Pastikan Anda memiliki persediaan obat-obatan standar, jika anda merasa memiliki gejala Covid-19 cobalah untuk meminta obat kepada layanan Kesehatan.
3. Sediakan cukup barang-barang rumah tangga dan bahan makanan sehingga Anda akan siap untuk tinggal di rumah.
4. Membersihkan dan mensterilkan rumah Anda.

Tanyakan Kepada Pejabat Kesehatan Setempat

Tanyakan kondisi virus Covid-19 di lokasi sekitar tempat Anda kepada pejabat setempat dan patuhi peratuan yang telah dibuat oleh pemerintah pusat dan setempat. Sebisa mungkin tetap berada dalam rumah dan menjaga jarak dengan orang lain untuk mengurangi risiko terkena virus Covid-19.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Anda Memiliki Gejala

Kenali gejala dari virus Covid-19 untuk mengetahui kondisi diri dan jika Anda menunjukkan tanda-tanda ini, segera dapatkan perawatan medis darurat :

1. Kesulitan bernafas
2. Demam
3. Batuk kering
4. Nyeri atau tekanan pada dada
5. Cepat mengalami kelelahan
6. Hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak

Jika anda mengalami gelaja seperti di atas, segera untuk menghubungi pelayanan kesehatan (Puskesmas, Rumah Sakit) atau pihak berwajib untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Dukungan keluarga

Jika saudara atau teman Anda terkena virus Covid-19 bantulah mereka dengan memberi dukugan mental agar tidak tertekan dan stres. Ini dapat memberikan ketenangan dan membuat badan merasa lebih baik dan kemungkinan untuk sembuh dengan cepat.

Itulah tips dalam kondisi sekarang, tetaplah berada dirumah, patuhi aturan yang diberlakukan hindari keramaian dan buatlah diri Anda tetap menyenangkan selama berada dirumah.

Sumber Referensi www.cdc.gov

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close