-->

Kegiatan Belajar 13 : Konfigurasi Server Web Mail

Kegiatan Belajar 13 : Konfigurasi Server Web Mail

1. Konsep Webmail

Web mail (atau email berbasis web) adalah klien email yang diimplementasikan sebagai aplikasi web dan diakses melalui web browser. Contoh penyedia webmail antara lain AOL Mail, Gmail, Outlook.com dan Yahoo! Mail. Hampir setiap penyedia webmail menawarkan akses email menggunakan klien webmail, dan banyak dari mereka juga menawarkan akses email dengan klien email desktop menggunakan protokol email standar , sementara banyak penyedia layanan internet menyediakan klien webmail sebagai bagian dari layanan email termasuk dalam paket layanan internet mereka.

Seperti halnya aplikasi web, keuntungan utama webmail dibandingkan dengan penggunaan klien email desktop adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima email di mana saja dari browser web. Kerugian utamanya adalah kebutuhan untuk terhubung ke internet saat menggunakan aplikasi webmail. Web mail (atau email berbasis web) adalah klien email yang diimplementasikan sebagai aplikasi web dan diakses melalui web browser. Contoh penyedia webmail antara lain AOL Mail, Gmail, Outlook.com dan Yahoo! Mail.

Hampir setiap penyedia web mail menawarkan akses email menggunakan klien webmail, dan banyak dari mereka juga menawarkan akses email dengan klien email desktop menggunakan protokol email standar , sementara banyak penyedia layanan internet menyediakan klien webmail sebagai bagian dari layanan email termasuk dalam paket layanan internet mereka.


Seperti halnya aplikasi web, keuntungan utama webmail dibandingkan dengan penggunaan klien email desktop adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima email di mana saja dari browser web. Kerugian utamanya adalah kebutuhan untuk terhubung ke internet saat menggunakan aplikasi web mail.

Kegiatan Belajar 13 : Konfigurasi Server Web Mail

A. Implementasi Awal Webmail

Pada awal-awal penggunan web, sekitar tahun 1994 dan 1995, beberapa orang bekerja agar memungkinkan email dapat diakses melalui web browser. Di Eropa, ada tiga implementasi, Soren Vejrum dengan "WWW Mail", Luca Manunza dengan "WebMail",  dan Remy Wetzels dengan "WebMail" lain yang berbeda, sedangkan di Amerika Serikat, Matt Mankins menulis "WebEx".  Tiga dari aplikasi awal adalah skrip perl yang meliputi kode sumber penuh dan tersedia untuk di download. Versi Remy Wetzels 'adalah sebuah program CGI yang ditulis dalam C di Unix.

Juga pada tahun 1994, Bill Fitler, yang sementara bekerja pada Lotus cc: Mail di Mountain View, California, mulai bekerja pada sebuah implementasi dari email berbasis web merupakan program CGI yang ditulis dalam C pada Windows NT, dan menunjukkan secara terbuka di Lotusphere pada tanggal 24 Januari, 1995.


Soren Vejrum dengan "WWW Mail" yang ia ditulis ketika ia belajar dan bekerja di Copenhagen Business School di Denmark, dan dirilis pada 28 Februari 1995, Luca Manunza dengan "WebMail". Ditulis ketika ia bekerja di CRS4 di Sardinia, dengan rilis sumber pertama pada 30 Maret 1995. Remy Wetzels dengan "WebMail" ditulis. saat dia belajar di Eindhoven University of Technology di Belanda untuk DSE  dan dirilis awal Januari, 1995. Di Amerika Serikat, Matt Mankins, di bawah pengawasan Dr Burt Rosenberg di University of Miami, merilis sumber kode aplikasi "WebEx" di posting ke comp.mail.misc pada tanggal 8 Agustus 1995, meskipun telah digunakan sebagai aplikasi email utama di Sekolah Arsitektur di mana Mankins bekerja untuk beberapa bulan sebelumnya.

Sementara itu, implementasi web mail Bill Fitler telah dikembangkan lebih lanjut sebagai produk komersial oleh Lotus, diumumkan dan dirilis pada musim gugur tahun 1995 sebagai cc: Mail for the World Wide Web 1.0, sehingga memberikan alternatif cara mengakses cc: penyimpanan pesan Mail (biasa berarti menjadi cc:. aplikasi desktop Mail yang dioperasikan baik melalui dialup atau dalam batas-batas jaringan area lokal).

Komersialisasi awal dari web mail juga dicapai ketika "WebEx"-dengan tidak ada hubungannya dengan perusahaan konferensi web -mulai dijual oleh perusahaan Mankins, DotShop, Inc, pada akhir tahun 1995. Dalam DotShop, "WebEx" berubah nama menjadi "EMUmail", yang akan dijual ke perusahaan seperti UPS dan Rackspace sampai dijual ke Accurev pada tahun 2001.

EMUmail adalah salah satu aplikasi pertama yang memiliki fitur versi gratis yang mengandung iklan serta versi berlisensi yang tidak ada iklannya. Saat Hotmail mengembangkan webmail di pasar alamat email gratis, EMUmail juga mulai mengembangkan MollyMail, layanan untuk pengguna untuk dapat memeriksa email yang ada dari web. Setelah akuisisi Accurev, EMUmail tidak lagi mendukung SMTP.com layanan pengiriman email yang masih dijual saat ini.

B. Kelanjutan Perkembangan Webmail

Seperti saat tahun 1990-an web mail berkembang, dan sampai tahun 2000-an, menjadi lebih umum bagi masyarakat umum untuk memiliki akses ke web mail karena :

1. Banyak penyedia layanan internet (seperti EarthLink) dan penyedia web hosting (seperti Verio) mulai mengemas  layanan web mail mereka menjadi satu (sering secara paralel dengan layanan POP / SMTP).

2. Banyak perusahaan lain (seperti perguruan tinggi dan perusahaan besar) juga mulai menawarkan webmail sebagai suatu cara bagi masyarakat pengguna untuk mengakses email mereka (baik yang dikelola sendiri secara lokal maupun outsourcing).

3. Penyedia layanan web mail (seperti Hotmail dan Rocketmail) muncul pada tahun 1996 sebagai layanan gratis untuk masyarakat umum, dan dengan cepat mendapatkan popularitas.

Dalam beberapa kasus, perangkat lunak aplikasi web mail dikembangkan oleh organisasi dengan menjalankan dan mengelola aplikasi sendiri, dan dalam beberapa kasus dapat diperoleh dari perusahaan perangkat lunak yang mengembangkan dan menjual aplikasi tersebut, biasanya sebagai bagian dari paket server mail terintegrasi (contoh awal menjadi Netscape Messaging Server). Pasar untuk perangkat lunak aplikasi web mail berlanjut terus ke 2010-an.

C. Rendering Dan Kompatibilitas

Pengguna email yang menggunakan kedua aplikasi klien webmail dan klien desktop dengan menggunakan protokol POP3 akan mendapatkan beberapa kesulitan. Sebagai contoh, pesan email yang didownload oleh klien desktop akan dihapus dari server akan tidak lagi tersedia bagi klien webmail. Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna terbatas untuk melihat pratinjau pesan menggunakan klien web mail sebelum pesan-pesan email didownload oleh klien email desktop.


Sebaliknya, penggunaan kedua aplikasi klien web mail dan klien desktop yang menggunakan protokol IMAP4 memungkinkan untuk melihat isi kotak surat yang akan ditampilkan secara konsisten baik di web mail dan klien desktop dan tindakan pengguna melakukan pesan-pesan dalam satu antarmuka akan tercermin ketika email diakses melalui antarmuka lainnya.

Ada perbedaan signifikan dalam hal kemampuan penterjemahan/rendering untuk berbagai layanan web mail populer seperti Gmail , Outlook.com dan Yahoo! Mail. Karena cara perlakuan berbagai tag HTML , seperti <style> dan <head> , serta inkonsistensi penterjemahan/rendering CSS, utamanya perusahaan pemasaran email yang masih bergantung pada teknik pengembangan web cara lama untuk mengirim email cross-platform.

D. Masalah privasi

Meskipun setiap penyedia layanan email dapat membaca email yang tersimpan di server-nya (kecuali dienkripsi), perlu diperhatikan hal khusus tentang web mail. Layanan webmail paling populer cenderung menggunakan filter online terhadap iklan yang menjengkelkan dan spam (sebagai ganti penyaring berbasis klien).

Layanan ini melalui email mencari kata-kata target tertentu dan meskipun penyedia layanan mengklaim bahwa tidak ada manusia lain yang membaca email beberapa penyedia layanan webmail telah dipaksa agar memberi kemungkinan bagi pengguna untuk memilih keluar dari fitur ini. Karena web browsing diharapkan sebagai cara untuk melihat inbox, penyedia layanan webmail wajib menyimpan email untuk waktu yang lebih lama dari penyedia layanan email biasa, yang sering menghapus email dari server mereka setelah memberitahu ke klien email pengguna.


Kekhawatiran lain adalah kenyataan bahwa banyak penyedia layanan webmail yang berbasis di Amerika Serikat dan karena itu tunduk pada Patriot Act, yang berarti bahwa otoritas AS dapat menuntut bahwa perusahaan harus menyerahkan informasi apa pun yang dimiliki oleh pengguna, tanpa harus memberitahu pengguna, terlepas dari negara manapun di mana pengguna tinggal atau di mana informasi tersebut disimpan.

Kegiatan Belajar 13 : Konfigurasi Server Web Mail

Rangkuman

Web mail (atau email berbasis web) adalah klien email yang diimplementasikan sebagai aplikasi web dan diakses melalui web browser. Server webmail merupakan gabungan kerja antara web server, SMTP server, POP3 dan IMAP4 server. Keuntungan utama webmail dibandingkan dengan penggunaan klien email desktop adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima email di mana saja dari browser web.

Kerugian utamanya adalah kebutuhan untuk terhubung ke internet saat menggunakan aplikasi web mail. Klien desktop yang menggunakan protokol IMAP4 memungkinkan untuk melihat isi kotak surat yang akan ditampilkan secara konsisten baik di webmail dan klien desktop. Antar muka web yang diakses oleh klien merupakan CMS (Content Management System) salah satu yang cukup dikenal adalah SquirrelMail. Tampilan Squirrelmail dapat dimodifikasi sesuai keinginan organisasi penggunanya dengan cara mengubah coding html squirrelmail.

Baca Juga : Kegiatan Belajar 14 : Konfigurasi Server Remote

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close