-->

Kegiatan Belajar 1 : Backup dan Restore Basis data (SOJ)

Masrana.com - Hampir setiap komputer server yang difungsikan sebagai web server saat ini memerlukan basisdata. Karena pentingnya menjaga keutuhan data ini, alangkah baiknya jika ada suatu kebijakan khusus yang diterapkan. Salah satu kebijakan yang penting adalah mengenai backup data. Dengan adanya sistem backup-restore yang baik akan dapat menjaga keberlangsungan data dan sistem.


Saat ini terdapat banyak sistem basisdata yang telah dikembangkan dan hampir semuanya telah menyediakan dukungan backup dan restore. Salah satunya yang didukung oleh sistem Debian adalah sistem basisdata MySQL. Basisdata MySQL merupakan sistem basisdata client server yang dapat mendukung pengolahan data relasional. Secara umum basisdata dapat dikatakan sebagai kumpulan data. lebih jauh basisdata merupakan kumpulan data yang ditata dengan menggunakan aturan dan struktur tertentu. Secara default  basisdata tidak terinstal pada Debian, untuk menginstalnya dapat menggunakan perintah berikut ini : 
apt-get install mysql-server
Pada saat instalasi MySQL akan ada data yang perlu diberikan, yakni password untuk user root MySQL. Apabila instalasi berhasil, status dari keaktifan layanan MySQL dapat dicek melalui perintah berikut ini :
/etc/init.d/mysql status
Cara lain untuk menguji hasil instalasi MySQL adalah dengan mencoba masuk ke sistem database MySQL melalui perintah berikut ini :
mysql -u root -p
Pada saat  perintah ini dijalankan aplikasi akan meminta password root MySQL untuk login ke sistem. Jika login berhasil akan muncul tampilan seperti berikut ini :
root@kdebian :/home/kdsurya# mysql -u root -p
Enter password : ****
Welcome to the MySQL monitor. Commands end with : or \g.
Your MySQL connection id is 45
Server version: 5.5.31-0+wheezy1 (Debian
Copyright (c) 2000, 2013, Oracle and/or its affiliates. All rights reserved.
Oracle is a registered trademark of Oracle Corporation and/or its affiliates. Other names may be trademarks of their respective owners.
Type 'help;' or  '\h' for help. Type '\c' to clear the current input statement.
mysql>

Gunakan perintah exit untuk keluar dari sistem MySQL. Perintah berikut dapat digunakan untuk mengaktifkan layanan MySQL apabila dari pengujian diatas belum aktif :
/etc/init.d/mysql start

BACKUP DATABASE

Proses backup basisdata di MySQL dapat dilakukan dengan menggunakan perintah berikut ini :
mysqldump -u nama user -p--data bases nama database> /lokasi/filebackup.sql
Keterangan :
A. Nama database adalah nama database MySQL yang akan dibackup.
B. /lokasi/filebackup.sql adalah file yang akan digunakan untuk menyimpan isi file database.


RESTORE DATABASE


Dari file yang dihasilkan oleh aplikasi mysqldump atau program lainnya yang mampu menghasilkan file SQL akan dapat dikembalikan lagi ke sistem database MySQL. Pengembalian ini dapat dilakukan dengan menggunakan perintah berikut ini :
mysql -u root -p- < /lokasi/file.sql
Perintah ini akan dapat berhasil dijalankan apabila pada MySQL saat ini database yang dituju belum ada. Terdapat banyak variasi dalam backup dan restore di MySQL. Hal ini dapat dipelajari lebih lanjut pada dokumentasi program mysqldump dan MySQL atau dapat mengunjungi situsnya di alamat mysql.org.

KESIMPULAN

Data merupakan hal utama dalam sebuah sistem komputer ataupun sistem informasi sehingga perlu ada upaya yang dilakukan untuk senantiasa menjaga keutuhan data. Salah satunya adalah dengan memberlakukan backup untuk setiap data yang ada. Terdapat perlakuan yang berbeda untuk jenis data yang berbeda-beda.

Baca Juga Kegiatan Belajar 2 Media Penyimpanan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close